Jumat, 01 Maret 2013

Penjelajahan Samudera Bangsa-Bangsa Barat

1. Bangsa Spanyol

Tahun 1492 (mulai misi perjalanan) Cristhopurus Columbus mengajukan permohonan kepada raja Spanyol untuk berlayar mencari sumber rempah-rempah di dunia timur, dengan 3 orang buah kapal (PINTA, NINA, MARIA) dan 88 orang akhirnya tiba dikepulauan Bahama >> Jajahan Spanyol

Sejak Columbus menemukan kepulauan Bahama, maka pelaut-pelaut berikutnya hanya sampai berlayar dikepulauan ini, seperti :
 -Cortez menduduki Mexico 1519, menaklukkan suku India (Aztec, Maya)
 -Pizzaro 1530 menaklukkan kerajaan Indian di Peru (Inca)

Penjelajahan bangsa Spanyol dilanjutkan oleh Ferdinand Magelhaens pada 1519, berlayar menuju Hindia Belanda tahun 1520 tiba di Filipina. Tahun 1521 sampai di Maluku dibawah pimpinan Sebastian Del Cano, sementara Franciscus Xaverius (Pastor) menyebarkan agama Katholik di Ambon, Ternate, dan Moratai

2. Bangsa Portugis

Pada tahun 1486 Bartholomius Diaz mencoba mencari jalan keluar untuk menemukan dunia timur (pusat rempah-rempah) namun pelayarannya hanya sampai di ujung Afrika Selatan dan diberi nama Tanjung Harapan (Cope of Goad Hope)

Tahun 1512 Portugis sampai  Ternate, Maluku dibawah pimpinan Franscisco Serro. Portugis berusaha melebarkan sayapnya ke Sumatera yang kaya lada tapi gagal karena Kerajaan Aceh mendominasi jalur perdagngan lada. Portugis berhasil menjalin hubungan dagang dengan Blambangan, Pasuruhan, Banyuwangi, Solo, Yogyakarta, Banten.

3. Bangsa Belanda

Jan Huygen Van Linschoten menerbitkan buku yang berjudul "Catatan Perjalanan Ke Timur atau Hindia Portugis" (Itinerario naet oost ofte Portugaels Indien). Tahun 1595, Belanda berlayar menuju Asia dipimpin Cornelis de Houtman dengan 4 buah kapal sampai di Banten tahun 1596.

4. Bangsa Inggris

Tahun 1600, Ratu Elizabeth I merintis pelayaran dagang ke timur. Tahun 1602 tiba di Aceh dipimpin Sir James Lancaster, dilanjutkan ke Banten dan membangun kantor perdagangan. Tahun 1604 tiba di Ternate, Tidore, Ambon dan Banda di Maluku dipimpin Sir Henry Middleton.

Tahun 1811, pasukan Inggris  menyerang wilayah yang dikuasai Belanda dan menang. Pada tanggal 13 Agustus 1814 ada perjanjian London, Inggris harus mengembalikan wilayah Hindia Belanda kepada Pemerintah Belanda dan perjanjian ini terlaksana pada tanggal 19 Agustus 1816.

Posted : dwiary407.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar